Author Guidelines

Pedoman Penulisan di Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) sebagai berikut :

KETENTUAN UMUM

  1. Naskah yang ditulis untuk JSDMU merupakan tulisan Jurnal ilmiah untuk mempromosikan dan memperluas berbagai upaya pengembangan sumber daya manusia baik sektor publik maupaun sektor swasta.
  2. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Naskah dalam bahasa Indonesia ditulis mengikuti pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.
  3. JSDMU tidak menerima naskah melalui email. Naskah harus dikirimkan melalui sistem Online melaui alamat : https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id Bagi yang belum pernah registrasi, silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  4. Jadual penerbitan adalah bulan Maret  dan Oktober

STANDAR PENULISAN

  1. Naskah harus ditulis dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dan dengan margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 20 mm, dan margin atas 30 mm.
  2. Naskah harus ditulis dengan Times New Roman jenis font dengan ukuran huruf 10 PT (kecuali judul artikel), spasi satu, dan dalam format dua kolom (kecuali judul artikel dan nama penulis serta abstrak). Jarak antara kolom adalah 5 mm (0,2 inci).
  3. Judul artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman ukuran font 14 PT, Bold dan centered.
  4. Naskah dikirim dalam format Ms. Word.
  5. Jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, gunakan kata bahasa Indonesia yang setara dengan kata atau istilah asing. Jika tidak ditemukan, istilah asing ditulis dalam Italic.
  6. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri (indent), sedangkan antara paragraf tidak jarak antaraBab dalam teks (pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan) harus diberi nomor nomor format penomoran Arab berurutan mulai dari nomor satu. Judul Bab ditulis dalam huruf tebal dengan format judul dan diatur centered tanpa garis bawah.
  7. Gambar dan tabel ditempatkan pada posisi di bagian atas halaman.
  8. Setiap gambar harus jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus dicetak dengan jelas).
  9. Setiap gambar harus diberi keterangan (caption bawah) di bagian bawah gambar dan serial bernomor angka Arab diikuti dengan judul gambar, misalnya seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.
  10. Setiap tabel harus diberi label (judul tabel) dan nomor seri angka Arab di bagian atas tabel diikuti dengan judul tabel, misalnya seperti yang ditunjukkan pada tabel 1.
  11. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horizontal hanya diberikan dalam heading tabel dan di bagian bawah tabel. Tabel tidak boleh gambar tabel yang discreenshoot.
  12. Gambar dan tabel dan diagram/skematik harus ditempatkan menurut kolom di antara grup teks atau jika terlalu besar, mereka dapat ditempatkan di tengah halaman (satu kolom).
  13. Setiap persamaan harus ditulis menggunakan equation editor di MS Word atau Open Office. Persamaan tidak diperbolehkan untuk dimasukkan dalam naskah sebagai gambar.

PETUNJUK KHUSUS

  1. Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
  2. Abstrak ditulis menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta memuat 150-200 kata.
  3. Abtrak memuat permasalahan yang akan dikemukakan, metode pemecahan masalah, hasil atau temuan, serta simpulan yang diperoleh.
  4. Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas; harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan; tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam; tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan.
  5. Menulis nama pengarang tanpa judul dan posisi profesional seperti Prof, Dr, manajer produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang/keluarga Anda. Selalu berikan nama depan dan belakang Anda. Menulis afiliasi jelas dari semua penulis. Afiliasi termasuk nama departemen/unit, fakultas, nama universitas, alamat, negara. Tolong sebutkan Penulis Koresponden (termasuk alamat email) dengan menambahkan tanda bintang (*) di belakang nama
  6. Bagian Pendahuluan menguraikan secara jelas tentang: (i) latar belakang umum kajian; (ii) state of the art(kajian review literatur singkat) mengenai penelitian-penelitian sebelumnya (yang mirip) untuk menjustifikasi kebaruan dari suatu artikel; (iii) gap analysis atau pernyataan kesenjangan atau kebaruan (novelty statement) atau beda unik penelitian ini dibanding penelitian-penelitian sebelumnya; (iv) permasalahan dan/atau hipotesis (jika ada); (v) cara pendekatan penyelesaian masalah (jika ada); (vi) hasil yang diharapkan atau tujuan penelitian.
  7. Bagian Metode atau tata kerja penelitian telah ditulis secara jelas sehingga percobaan atau penelitian dapat diulang dengan hasil yang sama.
  8. Bagian Hasil dan Pembahasan memuat: (i) (what/how) apakah data yang disajikan telah diolah (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar, serta diberi keterangan yang mudah dipahami?; (ii) (why) apakah pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis?; (iii) (what else) apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain?; (iv) juga disarankan dituliskan tentang implikasi hasil penelitian baik teoretis maupun aplikatif.
  9. Bagian Kesimpulan berisi secara singkat dan jelas tentang: (i) cukup menjawab permasalahan atau tujuan penelitian; (ii) juga merupakan simpulan dari penulis secara logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh; (iii) boleh ditambahkan implikasi atau saran (tidak wajib).
  10. Bagian Kesimpulan sebaiknya dituliskan dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk item list/numbering.
  11. Bagian Daftar Pustaka telah ditulis dengan benar sesuai dengan petunjuk penulisan dan sebaiknya menggunakan sistem sitasi Mendeley, Endnote, atau Grammarly. Semua referensi yang dirujuk dalam teks artikel harus dicantumkan di bagian referensi. Referensi harus berisi setidaknya 10 (sepuluh) referensi dari 80% sumber primer (jurnal ilmiah, proses konferensi, buku referensi penelitian) yang diterbitkan dalam waktu 5 (lima) tahun. Serta minimal menggunakan 1 refrensi jurnal internasional.

PRINSIP-PRINSIP DASAR PENYUNTINGAN ARTIKEL:

  1. Jangan membuat perubahan pada template yang ada.
  2. Gambar dan Tabel harus dirujuk di dalam teks, begitu pula sebaliknya.
  3. Semua pustaka harus dirujuk di dalam teks, begitu pula sebaliknya.
  4. Istilah-istilah kebahasaan harus terdaftar di KBBI (jika bahasa Indonesia) dan Standard English Dictionary (jika bahasa Inggris).

DOWNLOAD PEDOMAN DAN TEMPLATE NASKAH JSDMU

Template dalam MS.Word disini

Petunjuk Penulisan disini