PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Pemimpin merupakan agen perubahan dalam suatu organisasi. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki peran mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi dalam mencapai tujuan organisasi dan mampu menjawab perubahan dan ancaman yang terjadi di dalam maupun di luar organisasi. Pemimpin akan berhasil jika didukung oleh bawahan yang disiplin dan bekerja dengan baik, begitu pula sebaliknya, bawahan akan bekerja dengan baik jika memiliki pemimpin yang dapat menginspirasi mereka untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Organisasi harus mampu membuat kemajuan, menjalin kemitraan yang kuat, mampu merencanakan dan melaksanakan perubahan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hery Mitzberg dalam Khairunnisa (2020) yang menggunakan tiga indikator fungsi pemimpin terhadap kinerja pegawai yaitu Interpersonal Role (peran interpersonal), Decision Making (Peran Pengambilan Keputusan), dan Infomational Role (peran informasional). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin di Kantor Camat Cerenti belum optimal dalam menjalankan perannya. Hal ini karena masih kurangnya disiplin camat sebagai seorang pemimpin, belum optimalnya motivasi dan arahan yang diberikan kepada bawahan seingga kurangnya disiplin dan rasa tanggungjawab pegawai.