https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/issue/feed Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) 2023-12-22T09:44:31+00:00 Dr. Harapan Tua Ricky Freddy S, M.Si jsdmu@ejournal.unri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) is a journal that began to be published in 2020, the journal is managed by the Public Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Riau University.</p> https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/view/54 PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI 2023-12-22T09:44:31+00:00 Tamarida Malony Ompusunggu Tamaridamalony@gmail.com <p>Pemimpin merupakan agen perubahan dalam suatu organisasi. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki peran mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Seorang pemimpin harus memiliki visi dan misi dalam mencapai tujuan organisasi dan mampu menjawab perubahan dan ancaman yang terjadi di dalam maupun di luar organisasi. Pemimpin akan berhasil jika didukung oleh bawahan yang disiplin dan bekerja dengan baik, begitu pula sebaliknya, bawahan akan bekerja dengan baik jika memiliki pemimpin yang dapat menginspirasi mereka untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Organisasi harus mampu membuat kemajuan, menjalin kemitraan yang kuat, mampu merencanakan dan melaksanakan perubahan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hery Mitzberg dalam Khairunnisa (2020) yang menggunakan tiga indikator fungsi pemimpin terhadap kinerja pegawai yaitu Interpersonal Role (peran interpersonal), Decision Making (Peran Pengambilan Keputusan), dan Infomational Role (peran informasional). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin di Kantor Camat Cerenti belum optimal dalam menjalankan perannya. Hal ini karena masih kurangnya disiplin camat sebagai seorang pemimpin, belum optimalnya motivasi dan arahan yang diberikan kepada bawahan seingga kurangnya disiplin dan rasa tanggungjawab pegawai.<br><br></p> 2023-12-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/view/55 STUDI KEPUSTAKAN MENGENAI PENGARUH ROTASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR REGIONAL XII BKN PEKANBARU 2023-12-22T09:43:59+00:00 Natasya Risky Pramesti natasyarizkyp@gmail.com <p>Studi kepustakaan ini memiliki tujuan untuk menyusun dan juga mendeskripsikan pengaruh Rotasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dan dilakukan pengecekan antar pustaka dan pembacaan ulang pustaka agar dapat menjaga ketepatan pengkajian dan dalam rangka mencegah kesalahan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik pelaksanaan Rotasi Kerja di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru maka secara signifikan akan meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru. Rotasi kerja dapat memberikan sejumlah manfaat terkait dengan Kinerja Pegawai.</p> 2023-12-13T15:57:31+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/view/56 STANDAR PELAYANAN PUBLIK SURAT IZIN PRAKTIK PERAWAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BENGKALIS 2023-12-22T09:43:53+00:00 Evi Lastiur Tampubolon Tampubolon@gmail.com <p>Nilai kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2021 meningkat ke zona hijau. Hal ini cukup membanggakan, karena pada penilaian tahun 2019 yang nilai kepatuhannya masih berada pada zona kuning. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan standar pelayanan publik di DPMPTSP yang merupakan salah satu pelayan publik di Kabupaten Bengkalis dan apa saja faktor pendukungnya. Teori yang digunakan adalah teori standar pelayanan publik menurut Ridwan &amp; Sudrajat (2009), yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, produk pelayanan, sarana dan prasarana serta kompetensi petugas layanan. Pengumpulan data dilakukan melalui melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar pelayanan publik sudah diterapkan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Kemudian dapat diketahui faktor-faktor pendukungnya, yaitu faktor organisasi dan faktor pengawasan.</p> 2023-12-13T15:59:23+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/view/57 KINERJA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGELOLAAN TRANS PEKANBARU (UPT PTP) DALAM MENINGKATKAN LAYANAN TRANS METRO KOTA PEKANBARU 2023-12-22T09:43:45+00:00 Arlan Riski Saputra Nainggolan Nainggolan@gmail.com <p>Kinerja unit pelaksana adalah kualitas dan kuantitas yang mencakup unsur teknik dan sudah diraih dengan baik oleh para pegawai yang menjalankan tugas-tugasnya sesuai dengan tingkat tanggung jawab yang sudah di tetapkan instansi. Trans Metro di Kota Pekanbaru merupakan kendaraan umum yang disediakan untuk masyarakat dan berada dibawah kendali pelaksana teknis pengelolaan kota Pekanbaru yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang transportasi. Dalam pelayanan publik masih tergolong standar serta dibawah kendali kepala pelaksana teknis pengelolaan bus trans yang ada dikota ini. Adapun permasalahan yang ditemukan yaitu jam operasional yang belum konsisten, belum adanya jalur khusus transmetro akibatnya menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kemacetan lalu lintas serta kualitas layanan terkait sarana dan prasarana juga masih belum memadai. Maka dari itu unit pelaksana teknis pengelolaan trans Pekanbaru harus menanggapi permasalahan tersebut dengan mengembangkan sistem perbaikan terhadap kinerja mereka dalam manajemen dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja unit pelaksana teknis pengelolaan transportasi perkotaan (UPT PTP) dalam meningkatkan layanan bus trans metro Kota Pekanbaru serta mengetahui faktor penghambat apa saja yang dialami pelaksana teknis dalam menjalani tugasnya. Penelitian ini menggunakan teori kinerja Agus Dwiyanto (2018) dan menghasilkan 5 indikator, diantaranya: Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas dan Akuntabilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pemaparan tentang kinerja para pelaksana teknis terhadap bus trans kota Pekanbaru yang dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik karena beberapa faktor yaitu: permasalahan dana, partisipasi masyarakat dan juga jam operasional yang belum optimal.</p> 2023-12-13T16:01:03+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU) https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/view/49 ANALYSIS OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP STYLE IN THE HUMAN CAPITAL DIVISION OF PT X 2023-12-22T09:43:38+00:00 Nurvanny Agustyana vannyagustyana@gmail.com Christian Wiradendi Wolor christianwiradendi@unj.ac.id Marsofiyati marsofiyati@unj.ac.id <p><em>This research aims to investigate the perspectives of employees in the Human Capital Division at PT X regarding transformational leadership and its positive impact on creating strong and effective teams. The study employs a qualitative method, utilizing data collection through observation, interviews, documentation, and literature review. The research findings reveal that employee data within the system is often incomplete or inaccurate, hindering decision-making and HR planning. Transformational leadership goes beyond inspiring and motivating teams; it involves building strong relationships, supporting individual development, and ensuring effective management. It is used to achieve new company goals and foster sustainable change, fostering a productive, innovative, and enthusiastic work environment. The emotional connection between leaders and teams, along with support for individual development, has a positive impact on organizational goal achievement. The conclusion of this study is that transformational leadership has a significant positive impact on inspiring, motivating, and building trust among subordinates. Therefore, organizations should integrate transformational leadership with effective management through training, progress measurement, and wise resource management to efficiently achieve their objectives. This research provides crucial insights into the importance of transformational leadership within the context of Human Capital at PT X.</em></p> 2023-12-13T16:02:53+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul (JSDMU)